Saturday 2 November 2013

Bangunan Tempat Musyawarah

     Masyarakat Bali dalam kehidupannya diatur dalam ikata-ikata keluarga, ikatan banjar dan ikatan desa yang terbentuk dalam desa adat dan desa dinas atau desa administratif. Masing-masing ikatan dalam menata kehidupannya dibutuhkan musyawarah sehingga dibutuhkan suatu tempat untuk bermusyawarah sesuai dengan ruang yang dibutuhkan. 
  
     Bangunan tempat musyawarah adalah bangunan-bangunan terbuka dengan bentangan ruang-ruang yang cukup luas sesuai dengan jumlah pemakainya. Pelataran ruang  dalam mudah dihubungkan dengan ruang-ruang lain dan ruang-ruang luar. Bangunan juga mudah dialih fungsikan sehubungan dengan fungsi-fungsinya yang serbaguna.

Nama bangunan tempat musyawarah :
  1. Bale Banjar .  Bangunan balai banjar berfunngsi utama untuk tempat musyawarah. Kegiatan-kegiatan adat agama dan bentuk-bentuk sosial lainnya juga dilakukan di balai banjar bila melibatkan sebagian ataun seluruh anggota banjar.
  2. Bale Pemaksan. Kesatuan keluarga besar yang terbentuk dalam ikatan Sanggah atau Pemerajan Kawitan. Dadia atau Paibon membentuk ikatan keluarga yang disebut pemaksan. Tempat pemaksan melakukan pertemuan-pertemuan atau musyawarah di Bali bale pemaksan menempati tempat di jaba sisi. Musyawah di bale pemaksan diadakan menjelang upacara odalan  atau pujawali di sanggah atau pemerajan untuk memusyawarahkan pelaksanaan upacara.
  3. Wantilan.  Bangunan wantilan merupakan perkembangan dari ruang-ruang yang luas. Bangunan wantilan dibangun dengan konstruksi utama empat tiang utama, dua belas tiang jajar sekeliling sisi atau lebih. Atap wantilan umumnya bertingkat yang disebut metumpang. Bangunan terbuka ke empat sisi, lantai datar atau berterap rendah di tengah.
  4. Bale Sumanggen. Didalam pekarangan pura, perumahan atau banjar diperlukan bangunan serbaguna yang disebut bale sumanggen. Berbagai aktifitas musyawah, persiapan upacara, pelaksanaan upacara dan kegiatan-kegiatan adat lainnya dapat dilakukan dibale sumanggen. Untuk fungsinya yang serbaguna bale sumanggen terbuka pada keempat sisinya.

  

          

1 comment: