Sunday 3 November 2013

Bangunan Tempat Menyimpan

      Bangunan-bangunan tempat penyimpanan dalam keluarga, kesatuan-kesatuan sosial, dadia, banjar dan desa memiliki benda-benda bersama yang perlu disimpan. Yang terbanyak memerlukan tempat penyimpanan adalah padi sebagai bahan makanan dan sebagai bibit tanaman. Untuk bangunan tempat penyimpanan padi disebut lumbung dengan type-type : Kelumpu, Kelingking, Jineng dan Gelebeg masing- masing dengan daya tampung tertentu. Adanya keperluan untuk menyimpan padi pada masing-masing tingkat kehidupan, ada bangunan-bangunan lumbung keluarga, lumbung dadia, lumbung banjar, lumbung desa dan lumbung-lumbung sosial organisasi tertentu. Yang terbanyak adalah lumbung keluarga yang ada hampir pada setiap perumahan.

      Bangunan-bangunan tempat menyimpan lainnya adalah Gedong simpan dalam berbagai bentuk  dan fungsinya yang digunakan untuk menyimpan sarana, perlengkapan dan peralatan upacara ritual. Di bale banjar ada pula bangunan bale gong untuk menyimpan tempat gamelan gong. Dipantai wilayah kerja nelayan ada bangunan-bangunan tempat menyimpan perlengkapan dan peralatan nelayan yang disebut bangsal, sesuai type konstruksi bangunannya. Ada bangsal jukung untuk menyimpan jukung, ada bangsal bidak untuk menyimpan bidak atau layar jukung atau layar perahu layar.

      Ada pula bangsal atau bada/kandang untuk menyimpan ternak, bangsal atau badan penyu, badan sampi, badan celeng, badan bebek untuk tempat mengandangkan masing-masing ternak dirumah, dekat atau luar rumah.



    

No comments:

Post a Comment